Ditulis pada tanggal 18 November 2017, oleh admin, pada kategori Berita

Untitled

Seperti diketahui institute Biosains UB mendapatkan pendanaan DIKTI untuk  program World Class visiting Professor  2017 (WCP). Salah satu program kegiatan WCP adalah Institut Biosains menyelenggarakan workshop Recombinant Protein Expression. Workshop ini diselenggarakan pada 13- 16 November  2017 bertempat di gedung Institut Biosains. Kegiatan ini diikuti 22 peserta yang berasal dari 8 dosen dan PLP Institte Biosains UB, 2 dosen FPiK UB, 2 dosen FKH UB, 3 mhs S3 FK UB, 4 orang dosen, PLP dan mahsiswa pascasarjana FMIPA UB, FTP UB, terdiri dari dosen muda, laboran atau PLP, serta mahasiswa magister Departemen Kimia, Institute of Science, Suranaree University of Technology, Thailand.

Pada hari pertama 13 November 2017, Prof. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D sebagai ketua Pelaksana Program WCP 2017 membuka acara yang dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. James R. Ketudat-Cairns (Departemen Kimia, Institute of Science, Suranaree University of Technology Thailand) sebagai pihak mitra kerjasama riset tentang “Recombinant Protein Expression Overview”. Pemateri selanjutnya ialah Robert C. Robinson dari A*Star Institute of Molecular and Cell Biology, Singapore berkaitan dengan materi “Planning for recombinant protein production, what to think about before you begin”. Dilanjutkan oleh Pemateri ketiga yaitu Assoc. Prof. Mariena Ketudat-Cairns (School of Biotechnology, Institute of Agricultural Technology, SUT, Thailand) menyampaikan tentang “E. coli plasmid components and promoters, Gene isolation and design, Recombinant expression in yeast, animal cells and plants”. Pemateri terakhir yaitu Dr. Sakesit Chumnarnsilpa  (Departemen Kimia, Institute of Science, SUT, Thailand) menyampaikan tentang “Cloning systems, Solubility and purification tags dan Protein purification”.

Kegiatan pada hari kedua, 14 November 2017 yaitu kegiatan di laboratorium antara lain Isolasi protein rekombinan ; Koleksi sampel untuk SDS-PAGE dan Analisis Kromatografi (first Column) yang dipandu oleh dua Instruktur dari SUT Thailand yaitu Salila dan Linh. Setelah itu dilakukan Evaluasi aktivitas fraksi protein dan melakukan digest menggunakan enzim Enterokinase.

IMG-20171116-WA0012

Aktivitas hari ketiga yaitu melakukan Analisis kromatografi kedua dan running sampel menggunakan SDS PAGE. Hasil SDS PAGE dianalisis pada hari keempat tanggal 16 November 2017. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi kelompok untuk memaparkan hasil dari masing- masing kelompok serta berdiskusi dengan para pemateri, instruktur dan peserta. Sebelum penutupan, peserta melaksanakan post test untuk dievaluasi apakah kemampuan peserta meningkat setelah pelaksanaan workshop protein recombinant expression.

IMG_1461

Penutupan dilaksanakan oleh Prof. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D  dilanjutkan dengan pengumuman peserta terbaik. Peserta yang mendapatkan the best of best performance adalah Rahmi Nurdiani, S.Pi.,M.App.Sc.,PhD (dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UB), diikuti Susiati, SSi., M.Biomed (laboran Biomol, Jurusan Biologi FMPA UB, Sutoyo, MSi (mahasiswa S3 Biologi FMIPA UB) dan Istiftakhun Nimah, SSi. (mahasiswa S2 Departemen Kimia, Institute of Science, Suranaree University of Technology, Thailand). Sedangkan the best improvement score adalah Pupimadita Tizar, MSi. (PLP Institute Biosains UB), dan the best of overall score adalah Suci Megasari, MP. (PLP laboratorium Biomedik FK UB). (Biosains2017)