Ditulis pada tanggal 15 September 2017, oleh admin, pada kategori Berita

1

Institut Biosains mengikuti kegiatan sarasehan Pemantapan Program Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga dalam Rangka Koordinasi Lintas Sektor dalam pengembangan Industri dan Kebijakan di Bidang Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga di Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan demi menyikapi kebijakan pembangunan kesehatan merupakan implementasi Nawa Cita yang dapat dilakukan melalui beberapa langkah strategis diantaranya meningkatkan kesediaan, keterjangkauan, pemerataan kualitas farmasi dan alkes.

Panel diskusi berkaitan dengan topik antara lain: Implementasi Inpres No. 6 Tahun 2016 dalam Pengembangan Produksi Alat Kesehatan, Pengawasan Alat Kesehatan dan PKRT, Peran Asosiasi dalam mendukung perkembangan dan pengawasan alkes-PKRT serta updating teknologi Alat Kesehatan oleh beberapa distributor dalam negeri (PT Swayasa, PT Tesena Inovindo dan PT Triton Manufactures)

2

Institut Biosains mewakilkan Dr. Gatot Cipradi, DESS (Wakil Direktur) dan Dyah Kinasih Wuragil, S.Si., MP., M.Sc (Manajer Produksi) dalam acara yang diselenggarakan tersebut. Dalam panel diskusi kali ini, hal yang dibahas antara lain tentang acuan pengawasan telah ditetapkan dan dilakukan secara periodik oleh direktorat pengawasn Alkes dan PKRT bekerjasama dengan Dinas Kesehatan di wilayah terkait, permasalahan regulasi, peningkatan kemampuan SDM melalui updating informasi serta peningkatan kualitas produk melalui pendampingan sertifikasi baik CPAKB maupun ISO yang diharapkan dapat di akomodir oleh Asosiasi missal Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium (GAKESLAB), Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI) dan Perhimputan Pengusaha Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PEKERTI)  Selain hal tersebut hal lain yang menjadi topic bahasan adalah penggunaan dan pemanfaatan e-catalog untuk pengadaan alat kesehatan. Demikian bebrapa hal yang dibahas dalam acara yang yang diselenggarakan pada tanggal 13-15 September 2017 ini.