Ditulis pada tanggal 20 November 2017, oleh admin, pada kategori Berita

IMG_20171122_095448

Direktur Institut Biosains UB Prof. Fatchiyah, MKes,PhD diundang sebagai honorable speaker pada acara International Conference on Obesity and Weight Loss pada (6/11-8/11/2017) di Barcelona, Spanyol.

Prof Fatchiyah yang juga menjadi chairwoman di hari pertama konferensi menyampaikan hasil riset nya selama tiga tahun terakhir dengan judul “The Biological function of the Bioactive peptide of Alpha-S2 Casein Goat Milk Prevent AGEs and RAGE Interaction in Cellular Mechanism”.

Dalam presentasinya, dia menjelaskan bahwa nutrisi, interaksi, gaya hidup dan faktor genetik memodulasi jalur molekuler pada manusia terkait dengan pengembangan penyakit kronis. Komposisi gizi sehat dapat mengurangi penyakit kardiovaskular, obesitas, dan diabetes mellitus tipe 2 karena memperbaiki kelainan mekanisme molekuler pensinyalan.

AGEs memberikan target baru untuk pengobatan diabetes. Hiperglikemia adalah kadar glukosa darah tinggi yang tidak normal (kadar gula darah). Di antara perubahan ireversibel yang terjadi akibat hiperglikemia adalah pembentukan AGE melalui reaksi antara gula dan kelompok amino bebas pada protein, lipid, dan asam nukleat. AGE bereaksi dengan reseptornya (RAGEs) untuk menginduksi stres oksidatif.

“Dalam studi terbaru, kami menemukan protein kambing lokal CSN1S2 memiliki delapan residu peptida mengandung tujuh sampai dua belas residu asam amino yang disarankan untuk mengungkapkan sifat multifungsi,”kata Prof Fatchiyah.

Tujuan yang ingin dicapai dalam mengelola diabetes adalah pencegahan atau pengendalian kerusakan sel β pankreas, pencegahan kehilangan fungsi, dan pengurangan komplikasi.

Penelitian ini menggunakan tikus kontrol dan model diabetes yang diberi nutrisi tambahan dengan CSN1S2 susu kambing PE dan kemudian dianalisis karakter fisiologis, ekspresi protein dan analisis in silico.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat badan yang diperoleh dan beberapa berat organ menurun secara signifikan dan mendekati bobot normal. Sedangkan tingkat ekpresi sRAGE meningkat dan tingkat AGE menurun pada DM-750 mg/kg protein CSN1S2 dibandingkan dengan kelompok DM. Fragmen 41-47 CSN1S2 memiliki aktivitas inhibitor interaksi Argypirimidine-RAGE.

Di sisi lain, fragmen CSN1S2 214-221 juga dapat menghambat imidazol dengan mengikat residu arginin 221 dari peptida tersebut. Hasil ini menunjukkan bahwa peptida Caprine CSN1S2 dapat mengambil fungsi biologis sebagai penghambat kompetitif interaksi AGE dan RAGE yang dapat mengganggu mekanisme seluler dan penurunan pita transduksi sinyal pada tingkat sel.

IMG_20171122_095503

International Conference on Obesity and Weight Loss membawa pada platform baru untuk berbagi dan mendiskusikan semua inovasi mengenai masalah obesitas dan berat badan. Konferensi obesitas internasional ini adalah pertemuan para pakar, profesional, akademisi dan peneliti dari seluruh dunia. Obesitas menjadi perhatian serius karena dikaitkan dengan hasil kesehatan mental yang buruk, penurunan kualitas hidup, dan penyebab utama kematian di seluruh dunia, termasuk diabetes, penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. [Fatchiyah/Humas UB]

https://prasetya.ub.ac.id/berita/Prof-Fatchiyah-Jadi-Honorable-speaker-Dalam-International-Conference-on-Obesity-and-Weight-Loss-20508-id.html