Univeristas Brawijaya (UB) mempunyai  VISI menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Hal ini dilakukan dengan  menyelenggarakan proses pendidikan agar peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik dan/atau professional yang bermutu serta berkepribadian/berjiwa entrepeneur, melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni, serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Disisi lain, kemajuan global di bidang Iptek kesehatan, gizi dan obat-obatan khususnya yang menerapkan bioteknologi, akan meningkat pesat. Tantangan dan peluang yang besar di era globalisasi ini membutuhkan pembangunan Iptek kesehatan, gizi dan obat secara lebih terarah dan sistematik. Dengan mengacu pada rancangan induk penelitian (RIP) UB periode tahun 2012-2025, perlu dukungan adanya laboratorium yang berstandar GLP dan GMP sebagai sarana pendukung kegiatan riset terpadu.

Pembangunan LBioS UB melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Government) untuk menudukung industrialisasi Produk Riset universitas (Academy) dengan standar produksi skala Industri dan dapat dilakukan kerjasama dengan industri (Business) sehingga dapat memenuhi standar produk yang ditetapkan Badan POM RI (Government) dan WHO (Standar Internasional).

Gambar Peran Laboratorium Biosains dalam lingkup Nasional dan Internasional