Ditulis pada tanggal 7 September 2017, oleh admin, pada kategori Berita

1

 

Malang, 26 Agustus 2017 dilangsungkan SARASEHAN NASIONAL 2017 Pengelola Usaha Akademik PTN-BLU se-Indonesia dimana Universitas Brawijaya menjadi tuan rumah .Pemaparan dan sharing Informasi berkaitan dengan pengelolaan Badan Pengelola Usaha di PTN-BLU, Focus Group Discussion untuk Pengelolaan BPU serta Hilirisasi Hasil Riset oleh Badan Usaha Akademik di lingkungan PTN BLUPameran produk yang dihasilkan oleh Unit Usaha di bawah pengelolaan Badan Usaha Akademik Universitas Brawijaya (BUA-UB) yaitu: Institut Biosains, Institut Atsiri, Brawijaya Smart School, UB Forest serta UB Press.

2Dirjen Penguatan Inovasi_Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang hadir dalam acara tersebut memberikan arahan dimana kebijakan Kemenristek Dikri untuk Penguatan Inovasi dapat terwujud dengan 3 langkah utama yaitu regulating, executing, dan empowering yang hendaknya dapat diaplikasikan hingga level universitas. Hal ini berkaitan dengan banyaknya Sumber Daya di Universitas yang belum dapat dioptimalkan untk memaksimalkan pemanfaatan hasil penelitian di masyarakat.

Kebiajakan UB dalam Penguatan Inovasi dan Hilirisasi hasil Riset. Di UB hal tersebut dilaksanakan melalui tahapan penguatan penelitian -> Penguatan inkubasià Penguatan penelitian dilaksanakan di laboratorium di bawah koordinasi LPPM,  sedangkan pada penelitian dengan level TKT diatas 7, dapat dilaksanakan di incubator pelaksana yaitu unit di bawah BUA, untuk dapat dilaksanakan hilirisasi. Cotoh Hilirisasi yang dilaksanakan di UB adalah produk kit diagnostic Diabetes Mellitus yang bekerjasama dengan PT Biofarma sejak tahun 2011. Demikian penjelasan Rektor Universitas Brawijaya  Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS

Selain itu diskusi juga membahas berkaitan dengan tantangan dan Peluang Penguatan Inovasi dan Hilirisasi Hasil Riset di Perguruan Tinggi oleh Badan Pengelola Usaha PT: Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawija (UB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Tadulako: diinformasikan berkaitan dengan perkembangan pengelolaan, permasalahan yang dihadapi di tiap universitas serta beberapa solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

3

Dalam acara kali ini Institut Biosains menampilkan informasi berkaitan hasil produk yang telah dihasilkan oleh Biosains dan Tim Peneliti Biosains diantaranya:

  1. Biosains rapid test GAD65 (Produk Hilirisasi hasil penelitian yang siap diproduksi massal dan dipasarkan di masyarakat, kerjasama dengan PT. Biofarma (PERSERO))
  2. Nutrilux  dan informasi tentang RG Somangenes (ketua Prof. Fatchiyah )
  3. Informasi berkaitan dengan RG. Biodet Vaksin (ketua Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES)
  4. Informasi berkaitan dengan RG. Bank Sel Gamet (ketua Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS)
  5. Informasi berkaitan dengan RG. Aquatic Biofloc (ketua Dr. Ir.  Anik Martinah H, M.Sc)

4