Ditulis pada tanggal 28 August 2017, oleh admin, pada kategori Berita

Staf ahli institute biosains UB Prof Aulani Am menjadi salah satu nara sumber workshop tentang hilirisasi dan komersialisasi hasil penelitian  yang dilaksanakan tanggal 2-4 Agustus 2017 oleh LPDP-RISPRO, Kemenkeuangan RI Jakarta. Acara workshop yang mengambil topik Dari Kesiapan Teknologi Menuju Kesiapan Komersialisasi: Memupuk Harapan. Acara pembukaan kegiatan workshop yang semula dijadwalkan oleh Direktur Utama LPDP Ir. Eko Parasetya diwakili oleh Dr. M. Sofwan Effendi M. Ed., Direktur Pendanaan Riset LPDP, Kementrian Keuangan RI. Pada kesempatan tersebut disampaikan pentingnya juga materi perlindungan kekayaan intelektual atas teknologi produk riset, aspek pasar dan tekno-ekonomi (feasibility study dan market) belum diperhatian dan manajemen usaha untuk komersialisasi, yang kemudian menjadi bahan diskusi selama workshop.

1 2

Kegiatan Workshop Dari Kesiapan Teknologi Menuju Kesiapan Koersialisasi LPDP-Kemenkeu di Jakarta 2 – 4 Agustus 2017 : a. Peserta workhop sebanyak   yang terdiri dari 10 Ketua Periset LPDP yang berasal dari 7 Institusi/Universitas.dari Universitas jember, Pusat Peneltian Kopi dan Kako Indonesia, IPB, UB, UGM, ITB dan UNSRAT. b. Direktur DRFP-LPDP, Dr. M. Sofwan Effendi M. Ed dan Dirjen  Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti, Dr Ir. Jumain appe, MSi. c. Pemateri dari staf Ahli Institut Biosains UB Prof Aulani Am DES.  d. Dr. Gatot Ciptadi dan Prof Aulani Am bersama tim evaluasi dana  riset, staf LPDP. (Foto Panitia workshop LPDP-Rispro, 2017 dan G. Ciptadi, 2017).

3 4

 

Pada kesempatan itu Staf Ahli Institut Biosains UB, Prof. Aulani mempresentasikan materi berbagi pengalaman Strategi Komersialisasi Teknologi Hasil Riset. Kegiatan workshop tersebut juga mendatangkan beberapa nara sumber juga memberikan pembekalan dan mendiskusikannya dengan 10 peneliti RISPRO terpilih dari seluruh Indonesia yaitu dari Universitas Jember, Pusat penelitian kopi dan Kakao Indonesia,  IPB, Universitas Brawijaya, UGM dan UNSRAT. Peneliti dari UB yang diundang bersama 10 peneliti LPDP RISPRO yamh lain adalah Dr. Gatot Ciptadi (GTC-2017).